Ticker

6/recent/ticker-posts

PENJELASAN DAN ANALISA [MISINFORMASI] DITEMUKAN BENDA-BENDA ANEH SAAT DILAKUKAN OPERASI TERHADAP SEORANG BALITA BERUSIA 4 TAHUN





#ISU
Beredar video di media sosial terutama Facebook dengan narasi sebagai berikut:
"Kiriman vidio dari seorang dokter saat melakukan operasi pada seorang balita berusia 4 tahun
(RS bedah Surabaya)
Dalam perut anak tsb di temukan beberapa
Benda di antaranya :
-korek api
-baterai
-uang mainan dll
Mohon sempatkam untuk Mirsani vidio tsb,supaya
Bapak/ibu yang memiliki balita tidak begitu saja meningglkan
Putra/i nya saat bermain
"Tetap selalu di perhatikan ya bunda utk anak kita"
MATUR NUWUN...
Sumber: INTERNET dan MEDIA SOSIAL
1). https://m.facebook.com/groups/205565316291109?view=permalink&id=827566080757693&ref=bookmarks
Telah dibagikan sebanyak 78,434x saat yang Akap layAr diambil.
2). https://goo.gl/xR7Hef untuk melihat publik Post 
#PENJELASAN
Video yang pernah viral tahun 2017 tersebut adalah fakta tetapi obyek yang dioperasi bukan balita berumur 4 tahun dan lokasi bukan di Surabaya melainkan seorang pria bernama Hendro Wijatmiko (30) warga Dusun Pesisir, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Kamis (13/7/2017). Pria berusia 30 tahun ini mengidap skizofrenia dan mendengar bisikan yang membujuknya agar menelan benda-benda berbahaya itu saat mengalami sakit perut sebelum dia menelan benda-benda tersebut untuk menyembuhkannya. Operasi tersebut berlangsung di RSD dr Soebandi, Jember, Jawa timur. Dalam video yang berdurasi 1 menit 37 detik terlihat tim dokter yang sedang melakukan operasi, mengeluarkan benda-benda seperti korek api, baterai, uang mainan. 
Tim dokter dalam melakukan operasi yang berlangsung selama tiga jam berhasil mengumpulkan 52 'sampah' benda tajam yang ada dari perut Hendro Antar lain: Untuk yang di lambung ditemukan 16 korek api gas, 11 bungkus plastik, 1 lembar uang kertas Rp 20 ribu, 1 tutup pocari, 3 gagang sendok, 2 baterai ukuran AAA, dan satu gagang eskrim.
Sedangkan yang diambil dari usus halus terdapat, 2 korek api gas, satu alat suntik ukuran 5 CC tanpa jarum, 1 cutter (pisau kecil), 5 paku payung, 2 bungkus plastik, 2 gagang es krim, 1 garpu kecil, 5 uang logam Rp 200 yang sudah diplester jadi satu. Kemudian 1 pir korek api, dan 1 uang logam Rp 500.
Saat klarifikasi ini dibuat tim dokter menyatakan operasi berhasil dan tidak ada benda-benda aneh yang tertinggal serta pasien telah kembali pulang ke rumahnya.

Posting Komentar

0 Komentar